Wednesday, October 15, 2014

Bandara Soekarno Hatta Terminal 3

Bandara Soekarno Hatta atau yang biasa disingkat dengan Soetta dan berkode IATA yaitu CGK ini menarik untuk dipelajari. Sebelumnya, kita telah membaca sekilas tentang bandara ini secara umum, Terminal 1 dan Terminal 2. Kini, kita akan membahas terminal 3 yang ada di bandara Soekarno Hatta.Terminal ini termasuk unik.

Sejarah Singkat Terminal 3
Digunakan untuk maspakai penerbangan yang biayanya murah, terminal 3 ini selesai dibangun pada 15 April 2009. Terminal 3 menggunakan konsep yang eco-friendly dan modern.

Terminal 3 setiap tahun dapat mengangkut 4 juta penumpang dimana terdapat 30 gerai lapor masuk, 6 tempat klaim bagasi, dan 3 gerbang bagi para penumpang. Pengembangan ke depannya, menurut wikipedia, terminal 3 akan dirancang berbentuk huruf U dimana dapat mengangkut 25 juta penumpang.

Pesawat di Terminal 3
Saat ini, terminal 3 digunakan oleh Air Asia, Mandala Airlines, dan Lion Air tujuan Denpasar, Bima, Tambolaka, Maumere, Ende, dan Labuan Bajo.

Tempat Makan di Terminal 3
Baso Ino, Beard's Papa, Bim Burger, Diplomat Cafe, Great Indonesia Open Air Cafe, Hikaru Cafe, Jco Donuts & Coffee, Kopi Toea, Laras Resto, Minang Bristo, Mochi Sweets, New Zealand Natural, Roti Boy, Starbucks Coffee, Qtalk,


Tempat-Tempat yang Perlu Diketahui di Terminal 3
Tempat Troli
Biasanya jika Anda datang dengan menggunakan bus transportasi umum seperti Damri, maka troli akan disediakan di dekat terminal pemberhentian bus tersebut. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, biasanya troli disediakan di dekat pintu masuk menuju gerbang check-in
Pemberhentian Bus Damri
Tempatnya ada di terminal 3 ada di depan terminal. Anda pasti menemukannya dengan mudah karena terminalnya kecil.


Rest Area
Untuk beristirahat, terminal 3 menyediakan bangku-bangku di dekat pintu masuk terminal. Sayangnya, bangku-bangku ini hanya beratap tapi tak berdinding sehingga tidak nyaman ditempati jika malam hari. Namun, Anda dapat memilih tempat duduk yang berada di dalam terminal, tepatnya di lantai 2. Di sana, ada beberapa bangku sofa yang dapat ditempati.
Shopping Area
Shopping area di terminal 3 ada di dalam terminal, tepatnya ada banyak di lantai 2.

Tempat Merokok
Tempat merokok berada di dekat pintu masuk terminal, dimana orang juga bisa beristirahat di sana.
Tempat Bermain Anak
Uniknya, di terminal 3 disediakan tempat bermain bagi anak-anak usia balita. Untuk dapat bermain di tempat ini, Anda perlu melakukan lapor masuk (check in) terlebih dahulu.
Jalur Mobil
Jalan lalu lintas terminal 2 terbagi dalam 3 bagian yaitu :





Jalur 1 : VIP dan bus
Jalur 2 : pribadi dan taksi
Jalur 3 : untuk masuk ke area parkir

Baca sebelumnya : Terminal 2

No comments:

Post a Comment