Sunday, October 5, 2014

Sekilas Info Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta

Jakarta punya dua bandara udara yang dipakai untuk tujuan komersil yaitu Bandara Soekarno-Hatta (yang sering disingkat menjadi Soetta) dan Bandara Halim Perdana Kusuma. Bandara Halim Perdana Kusuma sebenarnya merupakan bandara untuk militer, namun sebagian kecil penerbangan komersil menggunakan bandara ini, karena kepadatan lalu lintas udara di Soetta.
Soetta sendiri merupakan salah satu bandara internasional di Indonesia. Bandara ini sedang dalam proses perluasan demi kenyamanan penumpang. Namun, sebenarnya, apa saja sih yang ada di bandara ini? Mari kita simak :

#Sejarahnya begini. Menurut wikipedia, bandara ini dibangun oleh arsitek asal Perancis bernama Paul Andreu, yang pertama kali membangun terminal 1. Bandara ini memiliki luas 18km2 dengan gaya arsitektur lokal dan kebun tropis. Bandara yang memiliki total 180 gerai untuk check-in ini membebankan pajak sebesar Rp 150 ribu (US$15) untuk penerbangan international dan Rp 40 ribu (US$ 4) untuk penerbangan domestik.

source : angkasa pura

# Kode IATA : CGK (berasal dari kata Cengkareng, tempat bandara ini berada).

# Dilarang parkir di sepanjang lobby terminal, ini peringatannya :
Tapi kenyataannya, masih banyak yang parkir. Kalau ga salah sih, maksimal dikasih batas waktu selama 5 menit, kalau ga salah loh yaaa


# Ada Shuttle Bus GRATIS berwarna kuning yang akan membawa Anda ke terminal manapun. Biasanya selalu ada setiap 5 menit sekali.
Seperti pada umumnya, bus ini bergerak dari Terminal 1, ke Terminal 2, lalu ke Terminal 3


# Tempat tidur di bandara sangat tergantung pada Anda. Apakah Anda ingin yang AC ataukah tidak?
Jika tidak ingin yang AC, maka Anda harus tidur di tempat sebelum pintu masuk bandara. Biasanya, banyak orang yang menginap di sana karena ada juga bangku-bangku. Tentu ini kurang nyaman. Ada pula ruang tunggu pemberhentian bus Damri yang bisa dipakai, karena punya ruangan khusus.Jika ingin yang AC, datanglah ke terminal 2. Hal ini akan dibahas lebih lanjut


# Jika Anda haus dan ingin minum tapi ga mau bayar alias GRATIS, jangan kuatir. Datang aja ke terminal 3. Di sini disediakan tempat minum air putih gratis di ujung sebelah kiri jika Anda baru saja tiba ke terminal ini.
Sekali lagi, tempat air minum ini hanya tersedia di terminal 3

#Menara pengawas bandara :
diambil dari bus shuttle antar terminal
Di sinilah kegiatan memantau penerbangan dilakukan. Di sini pula perintah untuk mengatur lalu lintas pesawat yang hendak terbang ataupun yang hendak mendarat. Perannya sangat penting karena menyangkut keselamatan orang yang bepergian dengan pesawat.

#Bandara ini terbagi menjadi 3 bagian besar, yaitu :
Terminal 1
Terminal 2
Terminal 3

No comments:

Post a Comment