Tuesday, March 10, 2015

Day 2 Part 2/2 di Bandung (Cafe Alisha - BikeBdg - Dipati Ukur)

Day 2
Cafe Alisha
BikeBdg
Dipati Ukur

Baca sebelumnya : Day 2 Part 1/2 di Bandung

Udah lama ga lanjut lagi nih....
Buat ngerjain ini aja aku butuh 3 bulan, astaga nagaaa

Oke deh, kejar tayang nih
Jadi gini ceritanya sewaktu aku nyari kost-an.

Jadi setelah dari Taman Pasupati, aku menyusuri gang-gang yang ada di sekitar situ. Sebenarnya udah capek sih, tapi tetap ga ketemu juga. Semua rata-rata pengen per tahun.
Tips buat kamu yang pengen tinggal sementara di Bandung :
-Kalau setahun, carinya enak tapi duitnya harus siapin banyak ya
-Kalau cuma sebulan, ya mending cari kost yang bisa bulanan, masih ada kok
-Kalau cuma untuk beberapa hari dan pengen yang nyaman, cari aja penginapan murah.

Ga ketemu yang kumau, akhirnya aku ke Cafe Alisha namanya. Cafe ini menarik perhatian karena terlihat nyaman banget. Apalagi aku capek banget. Akhirnya ya aku datangi buat santai-santai. Ini penampakannya :
Cafe ini kurang lebih ada di belakang Taman Pasupati, tepatnya di dekat Taman Film sih. Nah, mau ngeliat dalamnya? Aku juga foto sih di dalamnya :
Lumayan nyaman kan? Kalau di sofanya lebih berasa sih

Ini nih jus yang aku minum. Bener-bener segar dan dari buah sunkist asli lho..

Sambil nge-charge hape, aku santai-santai di cafe ini. Dia juga jualan kue-kue asli buatan sendiri. Bahan utamanya sih dari ketela. Denger kabar dari ibunya, usahanya ini udah merambah ke Jakarta. Cuma sayang, karena ga tahan lama, jadi ga bisa dipasarkan kemana-mana.
Oya, harga makanan / minuman di sini ga terlalu mahal kok. Rekomen banget deh kalau yang mau santai. Dia soalnya kan deket kost-kostan mahasiswa.Ini daftar harganya :
Baru selesai ngobrol-ngobrol, eh hujan lagi. Di Bandung ujan mulu....Akhirnya aku makan lagi di cafe Alisha ini. Ini nih yang aku makan kemudian :

Nah, ketika ngomong-ngomong sama pemiliknya, aku akhirnya dikasih option buat tinggal di 'dapurnya'. Jadi ada 1 rumah yang mereka jadikan tempat masak kue. Aku coba deh ke sana, tapi jalannya makkkk, aku ga bakalan apal kalo sendirian. Soalnya kesana kemari.

Tempatnya dan WC-nya mayan bersih sih, tapi di bawahnya kan tempat masak, yang pasti aku pikir aku bakalan terganggu sama bau masakan kalau pagi-pagi. Dia ngasih aku Rp 500ribu selama 14 hari aku di Bandung.

Aku kemudian hubungi temenku yang pernah tinggal di Bandung. Aku tanya dimana kira-kira kost murah. Ternyata katanya aku ke Dipati Ukur aja. Meski ga tahu dimana itu tempatnya, ya udah aku kan bisa tanya. Maka akupun mencari

Bikebdg
Di dekat Baltos, sewaktu aku nungguin angkot, aku ngeliat bikebdg. Penasaran juga sih itu apaan, tapi petugasnya ga ada di pos. Jadi aku hanya futu-futu.
Kreatif juga ya orang Bandung. Aku suka banget konsep ini. Ini yang disebut bikin kota yang ramah lingkungan, tapi bukan cuma wacana. Bener-bener dilaksanain.

Ini cara kita menggunakan fasilitas bikebdg




Tapi sayangnya, aku ga sempet nyobain fasilitas ini. Padahal di deket ITB, fasilitas seperti ini juga ada. Kalau ga salah ya, 1 jam dikenakan biaya Rp 3.000 doang....

Akhirnya aku ke Dipati Ukur. Jadi kalau dari Baltos, ke Dipati Ukur itu berarti hanya sampai Unpad aja. Jadi aku harus jalan di sepanjang Dipati Ukur yang mayan panjang, sekitar 2 kilometerlah. Pertama kali dpet kost, aku dapet kost di bukit-bukit gitu. Aku sih ga fotoin kost-annya karena biasa banget tapi aku fotoin pemandangan di sekitar situ. Ga bakalan percaya kalau itu letaknya di pusat Dipati Ukur deh. Ini penampakannya :



Cantik kan?

Di sini aku dapat Rp 350 ribu per 14 hari aku tinggal di Bandung. Cuma ya itu, aku ga bisa masuk ke dalamnya karena yang ngurus ga tahu lagi kemana. Aku juga disuruh tunggu sekitar 1 jam lebih padahal udah capek banget.

Sementara nunggu, aku nyari kost-kostan lain. Aku liat 1 kost-kostan lagi. Kali ini ada di gang yang mayan lebar. Gang itu banyak banget kost-kostan. Ada 1 kost-an yang enak banget. Tapi ternyata kost itu khusus buat muslimah. Aku udah rada 'maksa' gitu tapi tetap ga boleh. Aku ngerti sih, di lain sisi mungkin mereka ga mau kalau nanti mereka kena sesuatu yang haram. Misalnya, piring yang dipakai habis ditarok masakan babi. Tapi di sisi lain, rasanya aku pengen ngomong kalau aku tuh tahu diri jugalah. Ya apa daya, akhirnya aku cari kost yang lain.

Tas udah berat, tapi tetap ga nemu kost. Nemunya kost cowok. Anehnya ya, kost cowok di Dipati Ukur lebih bagus dan rapi daripada kost cewek. Yang kost cewek, rata-rata bilangnya udah penuh. Sampe satu waktu, aku nanya seorang cewek yang masih muda. "Maaf numpang nanya, kira-kira di sekitar sini ada kostan buat cewek yang masih kosong ga ya? Aku perlu hanya buat 2 minggu nih. Bisa bantuin kira-kira ada dimana kostnya?"

Eneng yang mayan caem dan berjilbab ini, nunjukin aku kostan yang disewakan oleh bosnya. Kamarnya sih belum ada apa-apa dan aku jadi teringat kostan aku yang paling jelek yang dulu pernah aku tinggali. Persis serupa. Tapi karena aku udah capek banget, akhirnya ya udah aku ambil yang ini aja. Dia ngitungin aku Rp 300 ribu selama 2 minggu itu. Ya mayanlah.

Belum apa-apa kuncinya udah seret. Akhirnya tuh suami istri empunya kost, bolak balik ke kamarku. Pertama bawain kasur tempat tidur (yang rada bau apek). Kedua, bawain aku penutup jendela dari kain, yang ga nutup semuanya. Abis itu balik lagi buat benerin kunci. Terakhir, baru bawain karpet buat nutupin jendela.

Tapi ya harga murah itu tentu ga mentingin kualitas. Karena buru-buru iya-in, aku ga ngeliat kamar mandinya. Ternyata eng ing eng, kamar mandinya tuh jorok banget. Aku ga mau cerita deh, bisa jijay sendiri. Tapi ya aku udah bayar. Hmmm, jadi pelajaran bagi backpacker, seletih apapun kamu, tetap pilihlah tempat tinggal yang nyaman.

Sorenya, aku mau keluar, tapi hujan terus mengguyur aja. Akhirnya aku ga keluar dari kamar sepanjang hari bahkan buat makan malam pun nggak. Aku ga punya payung, punyanya jas hujan yang kecil. Besokannya, hujan masih mengguyur. Tapi masa aku di kamar terus seharian? Apalagi aku udah laper banget. Jadi selesai mandi, aku liat langit kok cerah ya. Ini aku liatnya dari balkon rumah tempat tinggal ya. Tapi bunyi hujan terus ada. Aku pun coba keluar.

Ternyata ya sodara-sodara....

Yang kudengar itu bukan bunyi hujan
Yang kudengar itu bunyi aliran air karena dia deket sumber air.
Aku tertipuuuuu

Baca selanjutnya : Day 3 Part 1/3 di Bandung

No comments:

Post a Comment