Wednesday, September 28, 2016

Tips 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta Meski Tanpa Persiapan

Saya akan bagiin tips murah ke Yogya, tips ini sekalian tips buat kamu yang belum ada perencanaan apa-apa tapi pengen pergi jalan. Tentu kita pasti kuatir dong kalo pegi tanpa perencanaan. Yang pasti tips ini dijamin ampuh (kayak obat aja ya ampuh, :))
Karena naek bis, saya punya banyak waktu untuk browsing. Cukup dengan Rp 1250 aka harga buat data internet ala mentari ( promosi nih ye) saya dapat penginapan murah dan lokasi yang banyak penginapan murahnya. Tapi sebelumnya saya bingung dari tempat saya berhenti saya harus kemana. Tapi ini ceritanya nanti dulu ya.

Saya cerita dulu ya napa naek bus. Yang pertama itu alasannya murah. Yang kedua, ga ngabisin waktu. Jadi saya berangkat pake bus malam (rata-rata semua yang berangkat itu jam 5-6 sore) jam 6 sore dari Cikarang. Sampe di Jogja itu jam 7 pagi. Sepanjang hari jadi saya enak kan bisa lama.

Nah jadi gini ceritanya (jadi dari tadi saya belum cerita heheheh)
1. Pan saya ditanya tuh, "Neng mau berenti dimenong?" Saya bingung dah. Bapak keneknya yang akhirnya kasih solusi dan bilang mending ke Terminal Giwangan. Soalnya terminal itu terminal di dalam kota jadi enak. Problem solved

2. Muncul lagi pertanyaan baru. Abis dari situ, saya naek apa? Nah, itu sebabnya saya browsing2 dan ternyata syukur banget sekarang udah ada Trans Jogya (promosi lagi neh kyknya wkwkw). Dari terminal itu, kita bisa langsung naek tuh bus. Yang ini masalahnya juga selesai ya

3. Pertanyaan selanjutnya, saya mau tinggal dimana? Lagi2, saya buka internet. Tanya mbah dimana penginapan murah. Kata si mbah, paling banyak penginapan yang murah itu di sekitar MT. Haryono dan Kaliurang, tapi saya lebih milih MT Haryono karena letaknya di pusat kota. Jadi ketika sampe, saya langsung ke shuttle bus Trans Jogja dan tanya naik apa kalau mau ke MT. Haryono.

4. Simpan data-data penginapan yang kamu cari tadi, terutama no telpnya, apalagi kalo kamu ga pake paket unlimited. Caranya? Print screen aja tuh website. Tau kan caranya print screen lewat android? Tekan tombol on/off dan tombol buat ngecilin suara barengan, ntar dia lansung nge-click aka print screen.

5. Saran saya berikutnya, langsunglah beli tiket bus buat balik di Terminal Giwangan, apalagi kalo lagi high season. Saya udah coba beli tiket KA udah penuh, ini naek bus dimahalin kira2 40-50rb dari harga normal. Tempat tiket busnya ada di lantai 2 halte Trans Jogja.

6. Saran lagi nih, bacalah semua keterangan yang ada di halte. Manfaatnya banyak lho. Saya baca tuh kalo pake flash bca senin, rabu, jumat selama masa promosi ntar, bayarnya cuma Rp 1500, aslinya TJ itu harganya Rp 3600. Jadi ketika saya datang di hari Jumat itu rasanya puas bisa naik bus AC cuma Rp 1500. Besokannya di hari Sabtu ternyata cuma Rp 2500, tetap lebih murah kan?

7. Saya sampe di MT. Haryono tapi ternyata penginapan murahnya tidak sebanyak yang saya sangka, apalagi high season kayak yang saya alami. Stress kan? Mau tinggal dimana nih eke? Sebelum mutusin ke Kaliurang yg jauh, saya coba cari homestay. Saya nemuin satu, dianter dengan baik hatinya sama 1 bapak2 (Btw, di jogja saya liat orangnya ramah2 lho, jadi jangan ragu bertanya. Kamu belajar byk sopan santun di sini). Homestay ini penuh jg sebenarnya tapi saya tanya terus ke bapak yang jaga, kan dia pasti tau kalau ada tempat lain yang murah dan masih ada yang kosong. Saya juga to the point kasih tau budget saya. Ga taunya, dia punya 1 kamar non AC yg rupanya emang ga buat disewain tp bisa dipake untuk keadaan darurat. Jadinya saya dapet deh tinggal di Homestay Laksmita ini

Laen kali daripada nyari2 kayak saya, mending langsung booking online deh kalo pengen dapat yg murah2, kalau bisa satu bulan sebelum keberangkatan. Tapi jangan kuatir, di sekitaran MT. Haryono seperti Pugeran, Gedongkiwo, Bantul, dan sekitarnya deh banyak kok hotel. Katanya sih kisarannya Rp 200-300 ribu masih dapat. Itu kalau terpaksa banget, baru deh kamu besokannya cari-cari penginapan yang murah.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat yaaa


No comments:

Post a Comment