Tuesday, February 3, 2015

Day 2 Part 1/2 di Kota Bandung - Cibaduyut dan Taman Pasupati

Day 2
Cibaduyut - Taman Pasupati
Bandung

Baca sebelumnya : Day 1 di Bandung

Jadi hari ini rencananya aku minjem motor temenku yang katanya ga kepake. Soalnya anak-anak kan lagi libur, biasa dia pake buat jemput mereka. Aku pengennya sih pagi-pagi biar bisa nyari kost-kostan. Abis suaminya pulang beli uduk (aku pun makan dan aku tuh sampe terharu atas kebaikan mereka #lebay hehehhe), ada insiden.

Kami dikurung dari luar oleh anak cowoknya yang kira-kira umur 7 tahun. Beneran dikurung....Jadi, dia ada di luar rumah, dia ambil kunci, dan kami yang ada di dalam rumah dia kurung begitu saja.
Kami dikurung karena buku sekolahnya dipake buat gambar peta buat aku (Aduh, aku sampe ga enak banget deh)....Perlu sejam lebih buat ngebujuk, pake segala macam cara. Lebih banyak sih pake rayuan dan call a friend, wkwkkw

Nah setelah itu, ketika aku udah mau pegi, anaknya yang cowok megangin tuh motor kenceng banget. Lagi-lagi aku buat masalah lagi nih hiks hiks... Akhirnya, daripada kami dikurung lagi, mendingan aku naek angkot aja deh. wkwkkwkw

Tapi sejujurnya, menurut aku ini cara Tuhan ngasih tau juga sih. Masalahnya, aku kan buta daerah Bandung tapi berani bawa motor, yang ada tiap 10 meter aku bakalan nanya terus. Selama di Bandung, aku baru ngerasain bahwa naik angkot buat aku jadi tahu jalan dan kayaknya jadi ahlinya gitu wkwkkwk. Jadi aku bersyukur deh atas semuanya.

Nah, dari Cibaduyut ke Dago, aku lewat Leuwi Panjang lagi. Aku tadinya pengen turun sih buat foto-foto di Cibaduyut tapi karena tas berat, jadinya aku batalkan deh. Di angkot, aku ngeliat anak-anak Bandung yang ga biasa menurut aku. Ada yang beli ikan, ada yang makan makanan khas Bandung (yang sampe sekarang aku belum tahu nama jajanan itu) dan kayaknya enak banget. Ini penampakannya :

Beli ikan arwana tuh, dia tahu kalau difoto jadi gayanya gitu
Aku ngeliatin dia makan jadi ngiler, wkkwkwkw


Ini kayaknya kembang tahu deh
Setelah naek angkot dari Cibaduyut ke Leuwi Panjang, aku harus naik angkot lagi sebentar biar bisa naik angkot ke Dago. Kalau nanti kamu melewati jalan yang sama denganku, jangan bingung. Mendingan dari Leuwi Panjang naik bus Damri aja  kalau mau ke Dago. Kalau ini aku kan ga tahu jadi ribet banget, naik turun angkot. Aku masih harus naek angkot nomor 17 (seperti penampakan di bawah) supaya bisa sampe ke Dago.
Eh btw, selama perjalanan ke Dago, aku ngeliat salah satu tempat tujuanku yang sudah aku list yaitu Paskal. Nah kan, enaknya naek angkot gitu, jadi tahu daerah Paskal tuh di situ. Kalau naek motor ya ga tahu deh bisa kemana-mana nyasarnya kali.

Oya, aku lupa ngomongin soal kebaikan hati para penduduk Bandung. Jadi gini ceritanya. Awalnya aku rada risih juga sih tapi jadi terbantu banget. Aku kan bawa tas backpack yang mayan gede. Tiap kali aku naek angkot, tanpa aku minta ya, setiap orang pasti nanyain. "Dik, mau kemana?" Itu ya, nggak cuma bapak-bapak yang nanya. Ibu-ibu juga nanya. Pada akhirnya, aku jelasin kan kemana tujuanku. Mereka kasih tahu aku lho sejelas-jelasnya. Aku sih ngerasa kebantu banget.

Tapi kalau aku pake tas ransel biasa, mereka ga nanyain. Mungkin karena mereka pikir aku mahasiswa di sono kali ya, jadi mereka pikir aku udah tahu jalan. Nah, jadi aku anggap ya, keponya mereka tuh kepo yang bagus. Hehehhehe

TIPS :
INI RUTE DAMRI BANDUNG TARIF JAN 2015 : Ekonomi Rp 4000
(Yang AC ga tahu harganya karena ga pernah naek. Yang jurusan Elang, tarifnya beda ya)

Jurusan Cicaheum - Cibereum
Terminal Cicaheum - Jl. Ahmad Yani - Cicadas (Ahmad Yani) - Jl. Kiara Condong - Jl. Jakarta - Jl. Ahmad Yani - Pasar Kosambi (Ahmad Yani) - Jl. Asia Afrika - Alun-Alun - Jl. Sudirman
<<Jl. Rajawali - Jl. Kebon Jati- Jl. Suniaraja - Jl. Lembong - Jl. Veteran - Jl. Ahmad Yani - Pasar Kosambi (Ahmad Yani) - Cicadas (Ahmad Yani) - Terminal Cicaheum

Jurusan Leuwi Panjang - Ledeng
Terminal Leuwi Panjang - Jl. Kopo - Jl. Pasir Koja - Jl. Astana Anyar - Jl. Gardu Jati - Jl. Kebon Jati - Jl. Pasir Kaliki - Jl. Sukajadi - Jl. Setiabudi - Terminal Ledeng
<<Terminal Ledeng - Jl. Setiabudi - Jl. Sukaasih - Jl. Sukajadi - Jl. Pasir Kaliki - Jl. Kebon Jati - Jl. Otto Iskandardinata (Otista) - Lapangan Tegalega - Jl. Moh. Hatta - Jl. Sukarno-Hatta - Terminal Leuwi Panjang

Jurusan Dipati Ukur - Leuwi Panjang
Dipati Ukur - Jl. Ir. H. Juanda (Dago) - Jl. Merdeka - BIP (Merdeka) - Jl. Suniaraja - Jl. Otto Iskandardinata (Otista) - Jl. Moh. Toha - Jl. Sukarno-Hatta - Terminal Leuwi Panjang
<<Terminal Leuwi Panjang - Jl. Kopo - Jl. Pasir Koja - Jl. Astana Anyar - Jl. Gardu Jati - Jl. Kebon Jati - Terminal Stasiun - Jl. Suniaraja - Jl. Stasiun Timur - Viaduct - Jl. Wastu Kencana - Jl. RE. Martadinata (Riau) - Jl. Ir. H. Juanda (Dago) - Dipati Ukur

Jurusan Elang-Cibiru
Elang - Jl. Rajawali - Jl. Garuda - Jl. Sudirman - Jl. Sukarno-Hatta - Cibiru - Cileunyi - Jatinangor
<<Jatinangor - Sayang - Rancaekek - Cileunyi - Percobaan - Cibiru - Jl. Sukarno-Hatta - Elang

Jurusan Elang - Jatinangor (via tol)
Elang - Jl. Rajawali - Jl. Garuda - Jl. Sudirman - Jl. Sukarno-Hatta - Tol Padaleunyi - Gerbang Tol Cileunyi - Jatinangor
<<Jatinangor - Sayang - Rancaekek - Gerbang Tol Cileunyi - Tol Padaleunyi - Jl. Sukarno-Hatta - Elang
sumber : transportasiumum.com

 ------- End of tips

Oke, back to the topic.
Aku kan bilang mau ke Dago, akhirnya aku diturunin di deket Baltos, Dago. Itu sekalian sih karena aku ngeliat ada Taman Pasupati di seberangnya gitu. Ya udah, aku mampir dulu deh.

Sebelumnya, kamu tahu kan Taman Pasupati itu apa? Ini sejarah singkatnya ya
Taman Pasupati adalah sebuah taman yang terletak di bawah Jembatan Pasupati, Bandung, Jawa Barat. Taman ini diresmikan oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, pada tanggal 4 Januari 2014. Kubus yang ada di taman tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat memajang karya seni sesuai dengan tema taman tersebut yang untuk kalangan anak muda. Katanya wikipedia sih, arena papan luncur di taman ini sudah memiliki kelengkapan standar internasional.Sebelum menjadi taman, kolong Jembatan Pasupati merupakan tempat yang gelap, sepi dan berbatu. Pengubahan berbagai tempat yang terabaikan menjadi taman menambah ruang publik yang bisa digunakan masyarakat untuk berinteraksi

Ternyata menarik juga lho. Ini nih yang bisa kamu nikmati di taman ini :

 1. Main skateboard




Jelas banget kalau tempat ini digunakan para skateboarder buat maen dan berlatih nge-skate (bahasa yang gue bikin sendiri, mudah2an emang begitu istilahnya hehheheh).  Sayangnya, ada yang maen skate board sambil merokok. Jadi bingung, maunya sehat atau maunya bergaya doang nih?

2. Makan
Banyak juga yang jualan nasi di sini.

Baso Cuanki = Cari Uang Jalan Kaki. Baso Cuanki ini banyak ditemukan di kota Bandung dengan gerobaknya

Baso ini termasuk murah. Pake mie instan digabung sama bakso-bakso gitu cuma Rp 8 ribu (tahun 2015)
Di sini ceritanya ada pedagang tetap yang berjualan, tuh di bawah kolong jembatan gitu. Ada juga yang kadang datang.

3.Jalan Sehat
Nah, di sini juga bisa buat kesehatan lho. Jadi misalnya aja nih, kamu abis sepedaan keliling Bandung, kamu bisa deh mampir ke sini buat jalan-jalan di tempat yang berbatu. Sepedaan juga bisa...

4. Internetan
Nah, yang ini seru banget deh, bisa internetan gratis, asalkan pertamanya kamu daftar dulu.
Yang pertama, gabung di BandungJuara@wifi.id

Keluar nih gambar ini...

Setelah kamu daftar, kamu langsung bisa terdaftar di sini.
Setelah aku uji coba, ternyata internetnya kenceng juga lho... Yang paling enak tuh ya, jangkauannya mayan luas. Jadi secara ga sengaja aku tuh pernah ke Baltos dan ternyata wifi-nya masih dapet. Wifi yang sama juga bisa terjangkau di beberapa tempat. Karena aku sering liat simbol wifi itu di hapeku...dia terhubung otomatis gitu karena aku buka wifi-nya.

Mayan banget dah kalau lagi minim pulsa, wkwkkwkwk

Oya, waktu baru datang ini, aku ga tahu kalau ternyata Taman Pasupati itu juga merupakan Taman Jomblo dan Taman Film. Cerita tentang Taman Film nanti ya, sekarang Taman Jomblo dulu.

Aku pikir tuh, Taman Jomblo itu dipakai untuk tempat berkumpulnya para jomblo. Ternyata enggak. Percaya sama aku deh. Aku jadi tanya-tanya orang Bandung. Ternyata, jomblo itu menyatakan bangkunya. Lihat deh cagak-cagak bebatuan yang dibuat sendiri-sendiri gitu dan hanya bisa diduduki oleh satu orang. Nah, dari situlah nama tersebut diambil.
Batu biru inilah yang menyebabkan taman ini juga disebut Taman Jomblo

Padahal ya, aku tuh udah mikir bakalan seru nih. Para jomblo berkumpul, terus melakukan kegiatan positif apa gitu. Atau di tempat situ ada pengumuman siapa-siapa yang jomblo. Ternyataaa....wwkwkkwk
Toilet juga ada di sini

Ini ada di sebelahnya, ga tahu juga punya penduduk atau bisa dipake juga buat futsal.
Ceritanya selesai sampai di sini, tapi sebenarnya perjuangan saya di hari kedua di Bandung ini belum berakhir. Saya belum nyari kost. Ntar di sesi selanjutnya, saya bakalan cerita tentang saya nyari kost ya. Seru dan dijamin indah juga.. hehehhehe

Baca sesudahnya : Day 2 Part 2/2 di Bandung

No comments:

Post a Comment